Asiknya Bersepeda


Jika dilihat dari berbagai sudut pandang bersepeda memberikan banyak berbagai macam keuntungan baik pengguna sepeda maupun lingkungan alam sekitar.

Mengapa bersepeda ?

Bersepeda memberikan banyak keuntungan, baik itu untuk alat transportasi (pergi bekerja, ketempat sanak saudara ataupun sekedar kewarung) atau untuk sarana rekreasi, adalah memperoleh kesehatan diri dan lingkungan yang lebih baik, mengurangi kemacetan lalu lintas, mengurangi polusi udara, mengurangi pemakaian BBM (Bahan Bakar Minyak) yang berarti menghemat energi, dan masih banyak lagi.

Dewasa ini semakin banyak yang menjadikan sepeda sebagai salah satu sarana untuk alat transportasi dan rekreasi. Sehingga memakai sepeda tidak kalah bergayanya dengan menggunakan kendaraan bermotor. Ditambah dengan budaya urban (budaya yang memuja tontonan) yang sedang berkembang khususnya dikota-kota besar membuat design sepeda menjadi lebih beraneka ragam dan disesuaikan dengan gaya pemiliknya, seperti mengandung unsur kesenangan, hiburan, permainan tetapi tetap menonjolkan citra diri. Terlepas dari beraneka macamnya design sepeda yang ditawarkan ke pasaran oleh produsen sepeda. Sepeda tetaplah mengasikkan walaupun hanya memakai sepeda lama (seperti punya saya) asalkan masih bisa dikayuh dan terasa nyaman dipakai menggunakan sepeda model apa saja tidaklah bermasalah.

Manfaat bersepeda

Dengan melakukan kegiatan sepeda secara rutin membuat badan menjadi sehat dan bugar, serta dapat mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Selain sehat secara jasmani bersepeda juga dapat memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati. Bersepeda dapat meningkatkan perasaan segar dan memotifasi diri. Dengan bersepeda juga dapat meningkatkan sosialisasi dalam lingkungan, serta dapat melihat-lihat perkembangan lingkungan sekitar secara lebih seksama, menikati pemandangan alam sekitar dan menghirup udara segar.

Dengan semakin banyak orang yang melakukan kegiatan bersepeda dapat mengurangi polusi udara yang diakibatkan dari hasil pembakaran kendaraan bermotor. Minimal kita melakukan kegiatan bersepeda dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Akan tetapi untuk bersepeda dengan jarak jauh apalagi ketika memasuki kota besar bersepeda memang lebih beresiko dikarenakan tidak ada jalur khusus untuk bersepeda. Hal itu mungkin yang salah satu hal yang membuat sebagian orang mengurungkan niat untuk pergi bekerja menggunakan sepeda.

Manfaat sepeda untuk rekreasi yang murah tidak dapat disangkal dengan menggunakan sepeda kita dapat melihat pemandangan lebih seksama, ditambah lagi tidak memerlukan uang untuk membeli bahan bakar (cukup makan yang banyak dan bawa persediaan air minum).

Kegiatan bersepeda seperti halnya ke monas setiap hari minggu juga mengasikkan apalagi pemerintah kota Jakarta juga memfatilisasi dengan menutup ruas kanan jalan yang diperuntukkan untuk kegiatan berolah raga.

Demikian sedikit review dari saya mengenai kegiatan bersepada, komentarnya saya harapkan.

foto-foto saat bersepeda

gbr-RBH2

Duduk-duduk di bunderan HI

Foto041

Menikmati pemandangan danau Citeureup

gaya-1

Bersepeda di Monas

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    uisari said,

    ….no way… u’re cycling as well?😀 salam goweser, then! d(^_^)b


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: