PEMBUATAN SURAT IJIN / NUMPANG MENIKAH


Berikut akan saya coba jelaskan proses dan langkah demi langkah dalam membuat surat ijin menikah berdasarkan pengalaman kami (saya dan CPW).

Dokumen yang diperlukan dalam pembuatan sura tijin/numpang menikah :

-  Fotocopy KTP             : 4 lembar

-  Fotocopy KK               : 2 lembar

-  Pas Photo                     : Ukuran 2×3 = 4 lembar

Proses pembuatan sura tijin / numpang menikah.

a.  Menuju RT dan RW setempat (lokasi KTP anda berlaku) untuk mengurus surat pengantar dan surat pernyataan belum menikah.

Dokumen yang diperlukan :

-  Fotocopy KTP : 2 lembar

Gambar Surat Keterangan

Gambar Surat Pernyataan Belum Menikah


b.  Setelah mendapat surat pengantar dan surat pernyataan belum menikah. CPP dan CPW mengurus surat N1, N2, N4, dan surat ijin numpang menikah di kelurahan masing-masing.

Dokumen yang diperlukan :

-  Surat pengantar RT dan RW

-  Surat Pernyataan Belum Nikah

-  Fotocopy KTP        : 2 lembar

-  Fotocopy KK          : 2 lembar

Catatan :

-  Sebaiknya fotocopy surat N1, N2, N4 dan surat keterangan belum nikah untuk dokumentasi.

Gambar  Surat N1

Gambar Surat N2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar  Surat N4

c.  Kemudian surat N1, N2, N4 dan surat pernyataan belum nikah dibawa ke KUA kecamatan masing-masing CPP dan CPW, untuk mengurus surat rekomendasi nikah /surat ijin numpang menikah.

d.  Surat rekomendasi /surat ijin numpang menikah dari KUA masing-masing CPP dan CPW setempat  dibawa ke KUA kecamatan tempat menikah. Di situ kita akan melakukan pendaftaran pernikahan (surat N7) dan mendapatkan surat N3. Kita juga diberi tahu ketersediaan penghulu yang akan menikahkan.

Dokumen yang diperlukan :

-  Surat rekomendasi nikah / numpang nikah dari KUA domisili

-  Pas photo 2×3 = 4 lembar

-  Surat-surat lain dari KUA domisili

Gambar Surat N7

e.  Proses selanjutnya bertemu dengan penghulu yang akan menikahkan anda (dapat juga sekalian untuk mengisi surat N3) dan mendengarkan ceramah tentang pembekalan pernikahan. Jangan lupa untuk meminta nomor telepon dan alamat rumah penghulu yang akan menikahkan, untuk keadaan darurat bila diperlukan.

f.  Total pengurusan biaya surat nikah dari kelurahan sampai KUA tempat menikah lebih kurang Rp. 250 ribu diluar biaya penghulu. Biaya penghulu biasanya disampaikan oleh penghulu sendiri.

Catatan :

-   Jumlah biaya penghulu sebaiknya dibayar separuhnya sebelum nikah, lalu dibayar sisanya seusai akad nikah. Biaya penghulu jumlahnya bervariasi dari Rp 500 ribu – Rp 1,5 juta.

-   Sekitar satu minggu atau 3 hari sebelum waktu akad nikah, tidak ada salahnya menghubungi penghulu untuk mengingatkan.

-   Macam-macam surat type N :

N1 : Surat Keterangan Untuk Nikah

N2 : Surat Keterangan Asal-usul

N3 : Surat Persetujuan Mempelai

N4 : Surat Keterangan Tentang Orang Tua

N7 : Surat Pendaftaran KUA

Jangan lupa sebelum mengisi surat N3 dibaca dulu dan tanyakan kepada pasangan kita apakah dia sudah siap dengan pilihannya he2….

Semoga Berbahagia  :)

About these ads

54 Tanggapan so far »

  1. 1

    uisari said,

    Great posting nih ;) kasih jempol imut ^_^d
    Saran tambahan –> mengurus smua tahapannya berdua dgn pasangan tu pengalaman yg berkesan bgt (krn umumnya nitip diurus org lain). Manfaatnya kita jd tau persis dgn apa yg kita ttd. Ssst…Dgr2 byk yg brmasalah di depan krn ga paham apa aja yg sdh di ttd. Hiyy…Jgn smp ya… >_<"

  2. 5

    ridho ahmad said,

    gan mau tanya :D
    saya kan mau nikah calon istri saya di sumatera dan saya di jember jatim… kalau prosedur pembuatan surat numpang nikah saya dah tau… yang mau saya tanyakan dokumen apa aja yg perlu dibawa ke tempat calon istri saya……??? tolong ya dikasih tau…

    • 6

      dwisadono said,

      @ ridho ahmad,
      saya juga kurang tahu gan, tapi sepanjang saya nyari data dan bertanya ke pengurus KUA, se-Indonesia syaratnya sama gan
      thanks ya dah mampir :)

  3. 7

    ridho ahmad said,

    ok gan tanks ya….. lagi sibuk nih gan ngurus2 suratnya :D

  4. 8

    siti said,

    rumit jg ye,,,

  5. 10

    superstore said,

    info yang membantu. memang itulah administrasi..mau tak mau harus diurus. Tksh salam dari superstore

  6. 11

    omengs said,

    kalo surat numpang nikah di tempat /kampung halaman cpw gimana bu, apa sama perosedur nya?

  7. 13

    Ikshan Kamil Adi Nugroho said,

    terima kasih info seperti ini membantu banget, kebetulan saya lagi ngurus juga nih utk numpang nikah di kampung halaman cpw…..

  8. 16

    Kamal Ardan said,

    numpang nanya gan, surat pernyataan belum menikah urusnya di rt apa dikelurahan. sya da urus surat keterangan tapi ga dikasih surat pernyataan belum menikah…

    • 17

      dwisadono said,

      @ Kamal : Surat keterangan belum nikah harusnya di tingkat RT mas bro. tapi kalo belum di kasih nanti minta formnya di kelurahan mungkin ada, nanti di isi dan harus kembali ke RT karena ada tanda tangan pejabat RT, sekian jawaban saya semoga membantu mas bro

  9. 18

    yanti said,

    oya gan nanya neee perlu akte lahir g ya
    thanks

  10. 20

    merah said,

    lhaaa..tetangga ternyata..hihihih salam dari curug rt 07/09… :D

  11. 23

    tisesa said,

    Baru aja ngurus surat-surat buat ijin numpang nikah. Kebetulan kebantu dgn web ini buat nyiapin data-datanya. Tapi ternyata eh ternyata masih ada yang kurang, karena pas di KUA domisili sempat diminta fotocopy ijazah terakhir dan pas foto 4×6. Itu aja si. Terimakasih buat info-info di sini, sangat membantu. Oh iya KUA asal saya Lawang-Malang (Jatim)
    Sukses selalu

    • 24

      dwisadono said,

      Ternyata kenapa mbak Tisesa, ada yg salah dari blog saya ya…., tolong dikoreksi ya kalo ada yg salah…, supaya yg lain gak ngulangin kesalahannya, trims dah mampir di blog ini

  12. 26

    tiyo said,

    boz kl surat n3 itu adanya di pihak wanita apa di pihak laki laki pada saat pihak laki laki mengajukan permohonan numpang nikah? Thanks infonya

    • 27

      dwisadono said,

      @ Tiyo : Dipihak kedua mempelai numpang nikah, pada saat bertemu dengan penghulu yang telah di tunjuk
      trims dah mampir ke blog ini

  13. 28

    agus said,

    boz kra2 ymp sminggu gak ea ngrusin syrat2 y

    • 29

      dwisadono said,

      hmm tergantung syarat-syaratnya sudah disiapkan belum, kalo sudah siap sh cepet bro, 3 hari bisa selesai
      - hari pertama ke pihak RT/RW dan kelurahan
      - hari kedua ke KUA kecamatan
      - hari ketiga ke KUA kecamatan yg dituju
      thx ya dah mampir

  14. 30

    naryono said,

    tks atas postingnya..

  15. 31

    andry said,

    gan nomor surat n1-n4 apakah sama????
    makasih gan

  16. 32

    klo saya mau tanya saya hanya punya ktp sementara tpi saya mau nikah di tempat dan di kelurahan saya sendiri apa aja yg harus lengkapi klo mau bikin surat nikah

  17. 33

    saya mau tnya, saya dan cpp tinggal dan udh jd penduduk Batam tp beda kelurahan, trus kita mau nikah di jawa, apa kita berdua harus urus masing2 ya??

    • 34

      dwisadono said,

      Mbak Anita, iya harus diurus dua2nya mbak, kan yang numpang nikah CPW dan CPP.
      Semoga jawaban ini dapat membantu, terima kasih

  18. 35

    Khusain said,

    Gan, saya ucapkan terimakasih atas informasinya. Karena tidak ada sosialisasi hal seperti ini. Mau nanya jg gan, kalo surat rekomendasi/ numpang nikah tersebut nantinya kita antar ke KUA yang mnjadi tmpat menikah, krn udah lain daerah apa orang KUA yg mengurusnya?

    • 36

      dwisadono said,

      Sama2 Mas Khusain, senang kalo tulisan ini dapat membantu.
      Untuk urusan administrasi kita sendiri yang mengantarnya gan, kalo kita sibuk bisa diwakilkan kok

  19. 37

    Widya Sentono said,

    trima kasih bnyk.. ^_^

  20. 39

    Agus Yunus said,

    Maaf Agan…saya numpang tanya:
    Saya duda cerai mati. Dulu menikah di jakarta, alamat tinggal sekarang di Purwakarta dan mau nikah sama orang Cikarang.
    Agan Yang baik….surat” apa saja yg perlu saya siapkan dan ngurusnya kemana? tks atas jawabannya…..

  21. 41

    Jovan said,

    Memang sich urus berdua lebih romantis , tp posisi ane lagi di laut , amrik cuy , bini ane di jakarta… Hahahaha gmn ini…. ? Untung bini ane wonder woman dia urus semuanya loch…. Allhamdulilah , …. Semangat ya my babyyyy….. Salam bahagia selalu….. Ingat pesen ane ! Nikah cuma sekali seumur hidupppp…. Cintai oasangan anda sepenuh hati….

  22. 45

    gandi setiawan said,

    bosa kalo surat2 nya buat sendiri , trus minta tanda tangan lurah bisa gak soal nya mendesak waktu nya

  23. 48

    informasi di Blog ini sangat membantu, Mas Dwisadono Matursuwun, (Y)

  24. 50

    ipank said,

    Saya warga kepulauan riau,dan berdomisili di batam…kalau saya akan menikah di jawa timu”kebetulan calon nya disana hehehehe”… dokumen apa saja yg saya peraiapkan sebelum terbang ke jawa…. dari pada saya wara wiri… thx

    • 51

      dwisadono said,

      @Ipank, sy kurang tau, tapi setidaknya seluruh indonesia dokumen yang dipersiapkan sama, trims dah baca2

  25. 52

    Hatur thank U Bray !

  26. 53

    didiy said,

    CPP – Wonogiri
    CPW – Jaktim, Utan Kayu
    Akad – Jakpus, Senen

    hi, aku mau tanya ..
    1. apakah semuanya bisa saya urus sendiri tanpa CPP?
    (mengingat CPP kerja diluar negeri dan pulang sebulan sebelum tanggal pernikahan. tp faktanya, surat2 CPP akan di urus oleh keluarganya sampai dengan KUA domisil)
    2. saat ke KUA tmpt menikah (Senen). apakah bisa saya urus semuanya sendiri? tanpa CPP/ tanda tangan CPP?

    Thank you
    Didiy


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: